Jenis-Jenis Sulam

JENIS-JENIS SULAMAN


Sejarah singkst mengenai sulaman

Menyulam telah dikenal sejak dahulu kala yang konon kabarnya pertama kali ditemukan di mesir. Penemuan ini dibuktikan dengan ditemukanya peninggalan-peninggalan berbentuk sulaman dengan bahan tumbuh-tumbuhan yang disulam diatas kulit binatang. Banyak budaya-budaya tradisional yang menggunakan kain sulam sebagai bagian dari budaya juga menjadi bukti bahwa seni hiasan memang teelah dikenal sejak dulu. Akhirnya berkembang sampai saat ini dengan berbagai macam jenis serta bahan yang digunakan semakin beraneka ragam.

Jenis-jenis sulam

Sulaman berdasarkan bahan yang terbagi menjadi tiga macam
diataranya:

  Sulaman Benang
    


Sulaman benang adalah jenis seni menghias kain dengan menggunakan bahan utama benang yang dilakukan secara dekoratif menggunakan berbagai macam teknik tusukan sehingga membentuk suatu pola atau desain yang diinginkan.

Sulam benang adalah teknik sulam paling dasar yang memiliki berbagai macam variasi tusukan. Sulam benang banyak dipakai sebagai hiasan jilbab,pakaian,tas,dll.


  Sulaman Pita


Sulam pita adalah sulaman yang menggunakan pita sebagai bahan utama dengan berbagai variasi dan ukuran.
Kelebihan khusus dari sulam pita adalah dapat memberikan efek tiga dimensi sebab ukuran pita cenderung lebih besar dari benang.

Ciri-ciri sulam pita:
- Menggunakan pita sebagai bahan utama.
- Menghasilkan efek-efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar.
- Hasilnya lebih variatif sebab bahan pitanya lebih beragam.

Pada dasarnya terdapat dua aliran sulam pita yang bisa digunakan yaitu aliran Eropa dan Jepang
yaitu:

a.) Pita Jepang
     Teknik sulaman jepang tidak jauh berbeda dengan teknik yang lain. Perbedaanya terletak pada bahan yang digunakan .
     Pita yang digunakan umumnya adalah pita satin. Sulam jepang banyak diaplikasikan sebagai hiasan baju,tempat tissu,taplak meja,dll.

b.) Pita Eropa
     Sulam pita eropa dilakukan dengan merangkai pita terlebih dahulu menjadi suatu bentuk kemudian direkatkan pada kain. Jenis pita yang digunakan adalah pita orgadi.


 Sulaman payet



Sulaman payet adalah bentuk lain dari seni hias kain ini yang menggunakan bahan dasar payet atau manik-manik sebagai pembentuknya. Teknik sulaman payet berbeda dengan teknik sulaman benang pita. Penggunaan jarum untuk sulam payet juga berbeda.


 Sulaman fantasi


 Sulaman fantasi adalah jenis teknik sulaman yang diaplikasikan dikain polos. Jenis ini terdiri dari minimal tiga macam teknik tusukan hias.
Hiasan yang dihasilkan berupa bunga,binatang beserta gambat pemandangan.


 Sulam aplikasi



Sulaman aplikasi adalah sebuah teknik yang mengkobinasikan antara sulaman dengan bahan lain yang ditempelkan dipermukaan kain.
Bahan yang digunakan biasanya berupa kain,pita,payet, atau tali yang tekstur kasar.


 Sulaman perancis
   Sulaman perancis adalah teknik menyulam yang menggabungkan teknik tusukan jelujur,pipih dan tusukan balut. Umunya diaplikasikan pada blus, kemeja ,dan pakaian anak-anak.


 Sulaman hongkong
   Teknik sulam yang satu ini menggunakan teknik tusuk pipih yang dijahit bolak-balik dengan menggunakan variasi warna yang bertingkat-tingkat pada pada permukaanya. Teknik ini digunakan dalam menbuat ragam hias berupa naturalis atau dekoratif seperti flora dan fauna.


 Sulaman terawang


Sulaman terawang adalah bentuk lain dari seni menghiasi kain dengan hasil hiasan geometris berbentuk lubang empat persegi yang dihiasi menggunakan teknik sisipan. Jenis ini terdiri dari beberapa varias. Seperti terawang hardanger ,terawang putih, terawang inggris ,terawang persia , terawang fillet, dan terawang richeliu.

Comments

Popular posts from this blog

Alat & Bahan untuk Menyulam

Sejarah Sulam